Cara membuat aplikasi di Twitter

trattrit

Siapa yang tidak kenal salah satu Microblogging yang paling digemari ini, khususnya anak-anak muda (meskipun user account di Twitter tidak semuanya anak muda) selain Plurk. Secara singkat Twitter adalah sebuah blog minimalis di mana user bisa menuliskan unek-unek, re-tweet, reply dan lainnya dengan bebas tapi tetap mengikuti norma-norma yang berlaku.

Dalam tulisan kali ini, saya akan memberikan tutorial, cara atau informasi bagaimana cara membuat aplikasi di Twitter dengan menggunakan Dabr. Dabr? Ya, Dabr adalah salah satu Free OpenSource alternatif untuk membuat aplikasi di Twitter, khususnya mobile Twitter.

Salah satu syarat utama untuk pembuatan aplikasi ini adalah kalian harus memiliki hosting dan domain sendiri. Bagaiamana kalau belum punya? Gampang, kalian bisa registrasi ke beberapa hosting gratisan dan domain gratisan. Tapi, alangkah baiknya jika menggunakan layanan hosting berbayar seperti Masterweb (MWN). Kemudian, bila aplikasi yang akan kita buat ini memang ditujukan untuk digunakan oleh publik atau akan banyak pengakses nantinya, JANGAN pernah berharap dan mencoba untuk menggunakan shared hosting sekalipun itu berbayar. Karena pastinya akan terus terkena limiter karena memberatkan server (meskipun di hosting yang berbayar sekalipun). Solusinya harus menggunakan layanan server sendiri seperti VPS, Dedicated Server atau Colocation Server.

Okelah, tanpa basa-basi lagi sekarang kita mulai step-by-step cara pembuatan aplikasi Twitter menggunakan Dabr ini:

  1. Akses di sini untuk memulai pembuatan aplikasi Twitter
  2. Upload icon aplikasi kamu, nama aplikasi, deskripsi,website dan organisasi sesuai dengan keinginan
  3. Untuk kolom Application Website isikan path dimana aplikasi kita simpan. Dalam tulisan ini saya membuatnya di subdomain saya yang saya beri nama “twit”. Jadi untuk kolom Application Website saya isikan: http://twit.wim.web.id (silahkan disesuaikan dengan keinginan kalian)
    app
  4. Katagori Application Type pilih Browser karena kita akan menggunakan aplikasi yang kita buat ini di browser
  5. Untuk Callback URL silahkan ditambah oauth di akhir URL. Pada aplikasi yang saya buat kali ini berarti saya isikan: http://twit.wim.web.id/oauth
    konf2s
  6. Default Access type pilih Read & Write
  7. Pada bagian Use Twitter for login silahkan pilih Yes, Use Twitter for login
  8. Bila semua sudah, klik tombol Save
  9. Setelah itu akan tampil seperti di bawah ini
    done
    Ya. Yang kita butuhkan adalah Cunsumer key dan Consumer secret. Silahka dicatat dan simpan
  10. Silahkan download skrip aplikasi Twitter via Dabr  di sini.
    Tenang, aman koq’ ;) . Saya me-rekomendasikan file yang ada di link tersebut karena sudah ada yang saya perbaiki karena ada beberapa baris skrip yang error atau mungkin tidak support di hosting. Dengan file tersebut, kalian hanya cukup merubah file config.php untuk baris ke 4, 7 dan 8 (yang lainnya saya rasa tidak perlu) .
    Khusus untuk baris ke-4 bisa kalian isi bebas (misal: h32jlsfXkfldfd) karena ini hanya enkripsi aplikasi yang kita buat saja. Sedangkan untuk baris 7 dan 8 silahkan disesuaikan dengan key yang kita peroleh sebelumnya (lihat point 9)
    ganti
  11. Pada file .htaccess silahkan tambahkan baris (bila installasi dilakukan di bawah direktori root, misal seperti saya di http://twit.wim.web.id:

    RewriteBase /

    tapi kalau installasi ada di dalam folder lagi, misal di folder burung (berarti kalau saya contohkan di punya saya: http://twit.wim.web.id/burung) maka menjadi seperti ini:

    RewriteBase /burung
  12. Setelah meng-edit file config.php silahkan kompress kembali file-file tersebut lalu upload ke direktori hositng yang akan digunakan untuk menjalankan aplikasi ini (lihat point 3)
  13. Ekstrak kembali di hosting kalian. Bila berhasil maka saat mengakses URL aplikasi akan muncul tampilan authentikasi seperti ini (U.F.Oadalah nama aplikasi yang saya buat)login-twit

    tampilan page aplikasi setelah berhasil login dan di-redirect:

    hasil1

    tampilan dari Twitter.com

    u.f.o

PENTING:

Untuk menggunakan aplikasi ini ada beberapa extension di server hosting yang harus sudah aktif dan ter-load, yaitu: CURL, GD dan MCRYPT