Press "Enter" to skip to content

Lapor Pajak Sudah, Tapi…

0

Beberapa hari yang lalu kantor memberikan form bukti potong pajak. Berhubung saya adalah orang yang taat pajak, maka langsunglah saya akses https://djponline.pajak.go.id untuk lapor pajak via online yang tentunya lebih mudah.

Singkat cerita selesailah proses lapor pajak hari itu. Tapi 1 hari setelahnya saya terima email dari ditjenpajak.pjBi@pajak.go.id yang intinya harus melaporkan pajak. Ngerti sih itu cuma reminder aja. Tapi yang saya agak sayangkan adalah kenapa di email itu tidak ada keterangan seperti “Anda bisa abaikan email ini jika Anda sudah melaporkan SPT”? Mungkin untuk orang awam jika terima email seperti itu (tanpa ada keterangan yang saya maksud) akan mengira pelaporan pajak yang sudah dilakukan dianggap tidak valid (meskipun orang tersebut sudah terima email berhasil lapor pajak).

Dengan kata lain bahwa sistem email dari Dirjen Pajak tidak/belum bisa mengidentifikasi apakah si nomor NPWP yang dimaksud sudah lapor pajak atau belum.

Anyway, untuk kalian yang belum lapor pajak, yuk lapor pajak. Lebih mudah jika via online. Tentunya kalian harus punya EFIN terlebih dahulu winking

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ArabicChinese (Traditional)EnglishFrenchIndonesianJapaneseKoreanMalay