Press "Enter" to skip to content

Menikmati Kemacetan Jakarta

0

Perjalanan yang cukup jauh dengan jarak tempuh sekitar 18km dalam waktu normal 37 menit (tidak ada kemacetan) dan 1 jam bila lalu lintas macet. Berangkat pagi dari rumah dan sampai lokasi kerja jam 8 pagi atau bahkan jam 9 pagi juga hal yang wajar mengingat padatnya Ciledug dan Jakarta yang semakin hari semakin sesak dan “liar”.

Jakarta dan lagi-lagi Jakarta. Kota di mana orang-orang banyak menggantungkan mimpi. Yaa, walau mereka tahu bahwa tidak semua mimpi bisa diraih. Namun, berbekal keyakinan dan selalu optimis akan sebuah harapan membuat mereka semakin yakin bahwa Jakarta bisa mewujudkan itu semua.

Lalu lintas Jakarta

Sama halnya dengan saya. Begitu banyak cita-cita dan harapan sejak kecil mulai dari hal yang tidak masuk akal hingga hal-hal lain yang sangat istimewa.

Cita-cita boleh setinggi langit namun cita-cita juga harus diiringi dengan usaha dan doa

Perjuangan

Mungkin layak jika perjalanan menuju tempat kerja disebut sebagai perjuangan. Perjuangan melawan kemacetan kota, perjuangan berdesak-desakkan di jalan hingga cekcok karena kendaraan saling bersinggungan adalah pemandangan sehari-hari.

Jakarta itu kota yang keras. Mungkin ada benarnya. Oleh karena itu kesadaran dan kesabaran adalah kunci utamanya. Bukan lemah tapi meminimalisir emosi. Baik untuk emosi diri sendiri maupun orang lain.

Memaafkan dan bertanggung jawab adalah yang terpenting

Pasti ada saat di mana kita berada dalam kondisi penuh emosi karena sesuatu hal dalam perjalanan. Maka maaf merupakan hal yang terpenting dalam situasi tersebut. Karena secara psikologi tingkat emosi seseorang akan reda jika ada kata maaf. Tanggung jawab juga harus, jika memang diperlukan pada situasi tertentu.

Perjuangan belum selesai

Belum hilang rasanya lelah pagi tadi dan sekarang harus berjuang lagi untuk pulang. Mungkin akan lebih mudah dan praktis jika memiliki pintu ajaib seperti di film Doraemon. Cukup buka pintu dan saya sudah di rumah. Ah, tapi semua itu hanya ada di film.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ArabicChinese (Traditional)EnglishFrenchIndonesianJapaneseKoreanMalay