Press "Enter" to skip to content

Menonaktifkan Touchpad di Linux

0

Sesuai judul artikel kali ini yaitu Menonaktifkan Touchpad di Linux tentu ada kaitannya dengan pengalaman saya dimana saat ini saya menggunakan laptop dengan sistem operasi Linux. Karena terlalu seringnya telapak tangan saya menyentuh area touchpad maka tentu cursor pasti bergeser. Ini sangat mengganggu terlebih jika saya sedang melakukan konfigurasi router. Salah rule bisa fatal akibatnya.

Untuk Windows mungkin lebih mudah menonaktifkannya dengan double tap disudut kanan area touchpad (setiap laptop memiliki perbedaan fungsi pada area touchpad nya) dengan meng-install terlebih dahulu driver si touchpad pastinya. Tapi hal ini tidak berfungsi pada Linux.

 

Apakah touchpad harus dinon-aktifkan?

Kembali lagi pada sipengguna. Kalau saya pribadi, mengingat lokasi touchpad ada di bawah-tengah posisi keyboard yang akan menyebabkan seringnya tersentuh telapak tangan maka jawaban saya adalah Ya. Dengan catatan harus ada mouse. Karena akan lebih repot jika touchpad dalam kondisi off dan tidak ada mouse.

Menonaktifkan Touchpad di Linux
(Image: notebooks.com)

 

Cara menonaktifkan Touchpad di Linux

Perintah di bawah harus dijalankan melalui terminal linux dengan privileges sudo.

Pada perintah tersebut  berarti touchpad akan tidak aktif. Kalau mau diaktifkan kembali berarti tinggal rubah value nya dari “1” menjadi “0”. Cukup mudah, bukan?

 

Note:
Sementara ini saya baru coba di distro Linux turunan Debian. Tapi mungkin bisa untuk distro yang lain. Cmiiw

Semoga bermanfaat winking

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ArabicChinese (Traditional)EnglishFrenchIndonesianJapaneseKoreanMalay