Press "Enter" to skip to content

Windows 7 missing from GRUB

1

Ada sebab tentu ada akibat. Itulah kira-kira kejadian yang saya alami hari ini. Pilihan untuk boot ke Windows 7 hilang dari menu GRUB.  Windows 7 missing from GRUB. Kira-kira seperti itulah kalau diartikan menggunakan Bahasa Inggirs, hehehe. Nasi sudah menjadi bubur, apa mau dikata kalau sudah seperti ini? Yang tadinya ingin memperbaiki malah jadi sebaliknya.

Kronologis

Karena ada masalah dengan Ubuntu kesayangan saya jadi saya memutuskan untuk melakukan install ulang. Sayangnya saya tidak pikir panjang untuk hal-hal yang mungkin terjadi setelah proses install ulang. Masalah muncul setelah installasi selesai. Menu boot untuk Windows 7 hilang. Sebetulnya untuk masalah hilangnya boot Windows 7 dari menu Grub sudah sering saya alami. Tapi untuk kali ini tidak bisa saya perbaiki dengan cara yang sama seperti sebelum-sebelumnya.

Lalu solusinya?

Semua juga pasti ada solusi. Setelah cukup lama mencari referensi akhirnya ada salah satu rekan kerja yang menyarankan untuk install os-prober. Tanpa pikir panjang, proses installasi pun saya lakukan.

Begini caranya:

  1. Install os-prober terlebih dahulu
  2. Setelah itu, lakukan update grub

Selesai. Sekarang Windows 7 muncul lagi di menu grub thumbs up

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ArabicChinese (Traditional)EnglishFrenchIndonesianJapaneseKoreanMalay